Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru, Kecerdasan Emosional, Komunikasi Interpersonal dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar siswa kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Padang

Main Author: Khairanie, Amalia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9103/1/14090142%20-%20KHAIRANIE%20AMALIA%20%28SKRIPSI%29.pdf%20OKE.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9103/2/2.%20Abstrak%20Fix.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9103/3/BAB%20V%20-%202020-07-27T095308.404.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9103/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20baruuuu%20rani.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9103/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar. (2) pengaruh kecerdasan komptensi terhadap prestasi belajar. (3) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar. (4) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. (5) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru, kecerdasan komptensi, komunikasi interpersonal dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi kelas X IPS SMAN 8 Padang. Sampel berjumlah 78 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa Stratified Random Sampling berdasarkan pekerjaan ibu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Persepsi siswa mengenai kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Padang. Pengaruh yang lebih besar terdapat pada sampel siswa dengan ibu bekerja di bandingkan dengan sampel siswa dengan ibu rumah tangga yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,626 dan 0,686. Dengan nilai thitung masing-masing 6,166 > ttabel 1,70 dan 6,026 > ttabel 1,69 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (2) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Padang. Pengaruh yang lebih besar terdapat pada sampel siswa dengan ibu rumah tangga di bandingkan dengan sampel siswa dengan ibu bekerja yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,309 dan 0,226. Dengan nilai thitung masing-masing 7,460 > ttabel 1,70 dan 3,663 > ttabel 1,69 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (3) Komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Padang. Pengaruh yang lebih besar terdapat pada sampel siswa dengan ibu rumah tangga di bandingkan dengan sampel siswa dengan ibu bekerja yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,439 dan 0,282. Dengan nilai thitung masing-masing 4,700 > ttabel 1,70 dan 3,069 > ttabel 1,69 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (4) Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Padang. Pengaruh yang lebih besar terdapat pada sampel siswa dengan ibu rumah tangga di bandingkan dengan sampel siswa dengan ibu bekerja yang di tunjukkan oleh nilai koefisiennya masing-masing sebesar 0,383 dan 0,352. Dengan nilai thitung masing-masing 4,353 > ttabel 1,70 dan 2,189 > ttabel 1,69 yang berarti Ha di terima dan H0 di tolak. (5) Persepsi siswa mengenai kompetensi guru, kecerdasan emosional, komunikasi emosional dan lingkungan keluarga secara bersamaan memberikan prestasi belajar siswa kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Padang. Untuk sampel siswa dengan ibu rumah tangga dengan nilai Fhitung 79,520 > Ftabel 2,69 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, sedangkan untuk sampel siswa dengan ibu bekerja dengan nilai Fhitung 40,632 > Ftabel 2,62 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05.