Penerapan Strategi Guided Note Taking Disertai Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang
Main Author: | Elgi, Sesmita Aldes |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/91/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/91/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/91/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/91/4/12010202%20ELGI%20SESMITA%20ALDES%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/91/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Dalam proses pembelajaran masih terpusat pada guru (teacher center), kurangnya variasi model dalam pembelajaran dan jarangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, siswa masih kurang paham dengan catatan yang mereka buat serta susah menerima apa yang di sampaikan guru. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan strategi Guided Note Taking (catatan terbimbing) disertai media Power Point. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Guided Note Taking disertai media Power Point terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang pada tahun 2017/2018. Kelas eksperimen VIII 1 dan kelas kontrol VIII 2 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Postest Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penilaian ranah afektif berupa lembar observasi sikap siswa selama proses pembelajaran. Penilaian ranah kognitif menggunakan soal yang diberikan melalui tes tertulis diakhir penelitian dengan bentuk objektif sebanyak 67 butir soal. Penilaian psikomotor dilihat dari penilaian produk. Analisis data kelas sampel digunakan uji-t dan uji-t' Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata hasil penilaian ranah afektif (penilaian sikap) kelas eksperimen 70,51 dan kelas kontrol 62,76. Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel, yaitu thitung =2,10 dengan ttabel =1,68, dengan demikian maka hipotesis H1 diterima. Penilaian ranah kognitif kelas eksperimen 57,38 dan kelas kontro 45,60. Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel, yaitu thitung =2,43 dengan ttabel =1,68, dengan demikian maka hipotesis H1 diterima. Penilaian ranah psikomotor kelas eksperimen 27,56 dan kelas kontrol 17,75. Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel, yaitu thitung =1,70 dengan ttabel =1,68, dengan demikian dinyatakan hipotesis H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Guided Note Taking disertai media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor.