Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Kreativitas Belajar, Disiplin Belajar, dan Gaya Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 1 Canduang

Main Author: Nova, Nofrianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/909/1/13090219%20NOVA%20NOFRIANTI%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/909/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/909/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/909/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/909/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. 2) pengaruh kreativitas belajar terhadap kemandirian belajar siswa. 3) pengaruh disiplin belajar siswa terhadap kemandirian belajar siswa. 4) pengaruh gaya belajar terhadap kemandirian belajar siswa. 5) pengaruh pola asuh orang tua, kreativitas belajar, disiplin belajar dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar siswa. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Jenis penelitian adalah penelitian asosiatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Canduang. Sampel berjumlah 63 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa Stratified Random Sampling berdasarkan tingkat pendapatan orang tua siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviews versi 6. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar, untuk tingkat pendapatan tinggi dengan nilai thitung 2,774 > ttabel 2,05, untuk tingkat pendapatan rendah dengan nilai thitung 2,589 > ttabel 2,05. 2) kreativitas belajar berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar untuk tingkat pendapatan tinggi dengan nilai nilai thitung 3,908 > ttabel 2,05, untuk tingkat pendapatan rendah dengan nilai thitung 3,018 > ttabel 2,05. 3) disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar, untuk tingkat pendapatan tinggi dengan nilai thitung 4,408 > ttabel 2,05, untuk tingkat pendapatan rendah dengan nilai thitung 4,051 > t tabel 2,05. 4) gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar, untuk tingkat pendapatan tinggi dengan nilai 2,622 > ttabel 2,05, untuk tingkat pendapatan rendah dengan nilai thitung 2,615 > ttabel 2,05. 5) pola asuh orang tua, kreativitas belajar, disiplin belajar dan gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa, untuk tingkat pendapatan tinggi nilai Fhitung 49,268 > Ftabel 2,74, sedangkan tingkat pendapatan rendah nilai Fhitung 32,466 > Ftabel 2,73 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan: kepada orang tua hendaknya menanamkan sikap dan pola asuh yang bersifat mendidik, mandiri dan kreatif. kepada sekolah agar dapat memberikan pelatihan-pelatihan yang dapat mengembangkan kreativitas, meningkatkan tata tertib disekolah agar siswa lebih disiplin dalam proses pembelajaran, kepada guru untuk lebih memperhatikan kemampuan adaptasi siswa dengan memberikan perhatian dan pujian serta kesempatan untuk tampil didepan umum.