Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang ditemui di lapangan bahwa peranan peer group dalam mengembangkan interaksi sosial peserta didik belum sesuai dengan yang diharapkan, karena masih adanya peserta didik yang bermasalah dalam berinteraksi terutama dalam peer group. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kontak Sosial; a) Kontak antara individu dengan individu, b) Kontak antara individu dengan kelompok, dan c) Kontak antara kelompok dengan kelompok. 2) Komunikasi: a) Komunikan, b) Komunikator, c) Pesan dan d) Umpan balik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik yang berjumlah 696 orang. Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel adalah stratified random sampling. Sampel diambil secara acak pada setiap tingkat kelas sehingga sampel menjadi 87 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian: Peranan peer group dalam mengembangkan interaksi sosial peserta didik dilihat secara umum terkategori cukup baik dan dapat dilihat dari subvariabel: 1) Peranan peer group dalam mengembangkan interaksi sosial peserta didik dilihat dari kontak sosial terkategori cukup baik, 2) Peranan peer group dalam mengembangkan interaksi sosial peserta didik dilihat dari komunikasi terkategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa peranan peer group dalam mengembangkan interaksi sosial peserta didik dapat dikategorikan cukup baik, untuk itu peran peer group lebih ditingkatkan lagi menjadi lebih baik.