Profil Gangguan Menstruasi yang Dialami Peserta Didik dan Upaya Mengatasinya (Studi Kasus di Kelas XI SMK Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya)
Main Author: | Sartini, Sartini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9056/1/10060056%20SARTINI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9056/2/ABSTRAK%20-%202020-07-11T111615.401.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9056/3/KESIMPULAN%20%2853%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9056/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20%2881%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9056/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang mengalami gangguan menstruasi baik gangguan fisik maupun psikologis, sehingga gangguan menstruasi tersebut membuat kehidupan efektif sehari-hari peserta didik terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Profil gangguan menstruasi yang dialami peserta didik dan upaya mengatasinya dilihat dari aspek fisik. 2) Profil gangguan menstruasi yang dialami peserta didik dan upaya mengatasinya dilihat dari aspek psikologis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang terdiri dari informan peserta didik, teman peserta didik, guru dan orang tua/ saudara peserta didik. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi terhadap gangguan menstruasi yang dialami peserta didik dan upaya mengatasinya. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa 1) profil gangguan menstruasi yang dialami peserta didik dan upaya mengatasinya dilihat dari aspek fisik ditemukan peserta didik yang mengalami gangguan menstruasi seperti nyeri, mual, lemas dan pucat bahkan ada yang sampai pingsan. upaya yang dilakukan peserta didik untuk mengatasi gangguan tersebut seperti beristirahat, minum air putih, mengompres bagian yang nyeri dengan air hangat dan memakan makanan yang bergizi. 2) profil gangguan menstruasi yang dialami peserta didik dan upaya mengatasinya dilihat dari aspek psikologis ditemukan peserta didik mengalami gangguan menstruasi seperti emosional, mudah tersinggung, lekas marah dan kesal. Upaya yang dilakukan peserta didik yaitu diam dan menyendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini hendaknya peserta didik lebih memperhatikan diri agar tidak mengalami gangguan menstruasi yang berkepanjangan.