Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Simulasi Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di SMKN 6 Kota Padang
Main Author: | Yola, Yulianda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/905/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/905/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/905/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/905/4/13100019%20Yola%20Yulianda%20ok.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/905/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development), dengan desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan model pengembangan 4-D. Langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1) pendefenisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Hasil penilaian oleh para ahli media ditinjau dari aspek (1) Kemudahan pengguna : 83,75%; (2) Kemenarikan tampilan: 82,5%; (3) Bahasa dan keterbacaan: 90%. Secara keseluruhan penilaian uji validator ahli media terhadap media pembelajaran interaktif dengan simulasi sebesar 85,41%. Untuk Ahli materi ditinjau dari aspek ketercapaian tujuan adalah 83,07%. Secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Media Pembelajaran Interaktif dengan simulasi sebesar 84,24%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan Valid digunakan. Hasil penilaian uji kepraktisan ditinjaun dari aspek keadaan pengguna (menarik) 85 %; efektifitas waktu pembelajaran 87,14 %, manfaat 84,28 %. Secara keseluruhan penilaian kepraktisan terhadap media pembelajaran interaktif dengan simulasi pada mata pelajaran pemrograman dasar 85,71 %, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan sangat praktis digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapangan media pembelajaran interaktif dengan simulasi sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman dasar jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 6 Padang.