Hubungan Antara Self-efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Bunda Padang
Main Author: | Mila, Kiswanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9044/1/11060078%20MILA%20KISWANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9044/2/ABSTRAK1%20%282%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9044/3/KESIMPULAN%20%2842%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9044/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20%2870%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9044/ |
Daftar Isi:
- Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah self-efficacy akademik atau keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri dalam bidang akademik. Apabilapeserta didikmemiliki tingkat self-efficacy akademik yang tinggimakapeserta didikakanmerasa yakin bahwa dirinya bisa dan mampu untuk menjalani aktivitas akademik, sehingga memungkinkan dirinya dapat meraih hasil yang optimal. Kenyataannyasebagianpeserta didikmemiliki keyakinan yang kurang terhadap kemampuan dirinya dalam menjalani kegiatan belajar, menyelesaikan tugas-tugas dan menyelesaikan latihan/ujian yang diberikan guru.Penelitian ini bertujuan untuk melihatgambaranself-efficacy akademikdanhasil belajar peserta didiksertamengungkap bagaimana hubungan antara self-efficacy akademik dengan hasil belajar peserta didikdi SMA Bunda Padang. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptifkorelasionalyaitu menggambarkan self-efficacy akademikdanhasil belajar kemudian melihat hubungan antara self-efficacy akademikdengan hasil belajar peserta didikdi SMABunda Padang. Populasi penelitian berjumlah 126orang peserta didik yang terdaftar tahun ajaran 2014-2015, dengan sampel berjumlah43orang peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tentang self-efficacy akademik, sedangkan hasil belajar diambil melalui legger nilai mid semester ganjil tahun ajaran 2014-2015.Untuk melihat hubungan self-efficacy akademik dengan hasil belajarpeserta didik data diolahdenganmenggunakananalisis Korelasi Pearson Product Moment (PPM) 20.0. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat self-efficacy akademikpeserta didik berada pada kategori tinggi dengan persentase 48,84%, 2) hasil belajarpeserta didik berada pada kategoritinggi dengan persentase 45,75,1%, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy akademik denganhasil belajarpeserta didikdi SMA Bunda Padangdengan r hitung sebesar 0,904dan r tabel sebesar 0,632 pada taraf signifikansi 0,98. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan peserta didik untuk lebih meningkatkan lagi keyakinan akan kemampuan yang dimilikinya, dan kepada guru BK dan guru mata pelajaranagar dapat saling bekerjasama dalam meningkatkan keyakinan diri akademik peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang optimal.