Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa khawatir orang tua peserta didik tentang kesibukan dan kondisi anak mereka yang dapat menyebabkan kelelahan dan jatuh sakit. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Gambaran perkembangan kesadaran dan dorongan akan pergaulan dengan adanya pembelajaran full day School, (2) Gambaran upaya memilih nilai-nilai sosial dengan adanya pembelajaran full day School, (3) Gambaran ketertarikan pada lawan jenis dengan adanya pembelajaran full day School, dan (4) Gambaran kecendrungan memilih karier dengan adanya pembelajaran full day School di Kelas IX SMP Negeri 3 Kota Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berada di kelas IX SMP Negeri 3 Sawahlunto yang berjumlah 150 orang dan sampel sebanyak 60 orang dengan kriteria pengambilan sampel random sampling. Alat pengumpul data penelitian ini menggunakan angket. Data diolah dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Karakteristik perkembangan sosial peserta didik sehubungan dengan perkembangan kesadaran dan dorongan akan pergaulan kelas IX SMP Negeri 3 Kota Sawahlunto berada pada kategori baik, (2) Karakteristik perkembangan sosial peserta didik sehubungan dengan upaya memilih nilai-nilai sosial dalam mengikuti sekolah sehari penuh (full day school) peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Kota Sawahlunto berada pada kategori baik, (3) Karakteristik perkembangan sosial peserta didik sehubungan dengan ketertarikan pada lawan jenis dalam mengikuti sekolah sehari penuh (full day school) peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Kota Sawahlunto berada pada kategori baik, dan (4) Karateristik perkembangan sosial peserta didik sehubungan dengan kecendrungan memilih karir dalam mengikuti sekolah sehari penuh (full day school) peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Kota Sawahlunto berada pada kategori baik.