Hubungan Sugesti Positif Orangtua terhadap Minat Belajar Peserta Didik di MTsN Lubuk Buaya Padang
Main Author: | Edo, Saputra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9021/1/11060243%20EDO%20SAPUTRA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9021/2/ABSTRAK%20-%202020-07-09T142546.885.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9021/3/KESIMPULAN%20%2823%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9021/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20%2848%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9021/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan, yaitu adanya peserta didik yang malas belajar karena rendahnya minat belajar, adanya peserta didik yang keluar masuk saat guru menerangkan pelajaran, tidak konsentrasi saat belajar dikelas, hal ini dipengaruhi oleh kurangnya perhatian orangtua terhadap cara belajar anaknya, adanya orangtua yang sering menyalahkan anaknya tanpa mendengarkan terlebih dahulu penjelasan dari sang anak, dan seringnya orangtua memarahi anaknya apabila melakukan kesalahan dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat apakah terdapat hubungan sugesti positif orangtua terhadap minat belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dan VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Teknik pengambilan sampel yaitu Propotional Random Sampling. Dari populasi yang berjumlah 373 diperoleh sampel sebanyak 79 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan analisis korelasi Produck Moment untuk melihat apakah terdapat hubungan sugesti positif orangtua tehadap minat belajar peserta didik di MTsN Lubuk Buaya Padang. Hasil penelitian yaitu terdapat hubungan sugesti positif orangtua terhadap minat belajar peserta didik MTsN Lubuk Buaya Padang dengan koefisien korelasi sebesar 0.468 dengan kategori korelasi keeratan kuat. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat sugesti positif orangtua terhadap minat belajar.