Effectiveness Of Running Dictation To Improve Students’ Listening Comprehension (An Experimental Research In The Eight Grade Students Of Smpn 1 Enam Lingkung In The Academic Year Of 2017/2018)

Main Author: Suci, Rahmadina Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9010/1/SKRIPSI%20SUCI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9010/2/ABSTRAK%20-%202020-07-27T092429.222.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9010/3/CONCLUSION.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9010/4/REFERENCES%20-%202020-07-27T092528.546.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9010/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas VIII SMPN 1 Enam Lingkungdalam hal menguasai pelajaran Bahasa Inggris khusunya mendengar, seperti kesulitan menafsirkan kosakata, kesulitan memprediksi suara dan kesulitan memusatkan perhatian selama proses mendengar. Kegiatan dalam mendengar menjadi satu hal yang sulit dan membosankan. Akibatnya banyak siswa yang tidak menguasai Bahasa Inggris dengan baik karena kesulitan merespon makna dalam mendengar. Untuk mengatasi hal tersebut digunakanlah teknik Running Dictation. Penggunaan teknik ini diharapkan dapat memudahkan siswa dalam proses mendengar. Teknik ini juga diharapkan berguna untuk mengatasi rasa kejenuhan siswa selama proses pembelajaran berlangsung sehingga lebih focus memperhatikan pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan teknik Running Dictation dalam pembelajaran bahasa inggris serta mengetahui efektivitas penggunaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif Pre- experimental design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 24 siswa sebagai kelas experiment. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes mendengar. Tes berupa posttest yang dilakukan sekali pada akhir penelitian, yaitu tes mendengar. Setelah dirata- ratakan diperoleh nilai rata-rata posttest kelas experiment sebesar 80,13. Setelah dilakukan Uji-t diketahui nilaithitung lebih besar dari pada nilaittabel (2,27>1,68), efektivitas teknik Running Dictation dapat membuat siswa lebih aktif dan termotivasi dalam belajar bahasa inggris. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Running Dictation efektif yakni dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa dan dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses mendengar. Kata Kunci : Effectiveness, Listening Comprehension, Running Dictation.