Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman
Main Author: | Widya, Wulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9003/1/SKRIPSI%20HESTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9003/2/ABSTRAK%20-%202020-07-27T093403.823.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9003/3/BAB%20V%20-%202020-07-27T093429.003.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9003/4/daftar%20pustaka%20-%202020-07-27T094240.671.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9003/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terampilnya siswa dalam menulis teks ulasan. untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran menulis teks ulasan digunakan model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks ulasan sebelum menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Mendeskripsikan keterampilan menulis teks ulasan sesudah menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Mendeskripsikan pengaruh menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah one grup pretest and posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 169 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 25 siswa. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation (GI) sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks ulasan sebagai variabel terikat (Y). Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis teks ulasan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran GroupInvestigation (GI) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan menulis teks ulasan sebelum menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman adalah 56,90 berada pada rentang 56%-65% pada kualifikasi Cukup. Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks ulasan sesudah menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman adalah 79,00 berada pada rentang 76%-85% kualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman dengan thitung> ttabel (7,28 >1,71)dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima.