Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi
Main Author: | Dewi, Wahyuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/90/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/90/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/90/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/90/4/12010175%20DEWI%20WAHYUNI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/90/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pada saat proses pembelajaran masih terpusat pada guru, guru cendrung menggunakan metode diskusi dan tanya jawab dan juga tidak menggunakan media pembelajaran seperti LKS, buku paket dan media gambar yang mengakibatkan kondisi dalam proses belajar mengajar masih sangat pasif sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Upaya mengatasi permasalahan tersebut penulis menerapkan model pembelajaran Think-Pair- Share disertai media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitia Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total sampling. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif yaitu soal ujian objektif sebanyak 70 butir adalah lembaran lembar jawaban. Ranah afektif digunakan lembar observasi sikap dan psikomotor digunakan penilaian produk. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf korelasi kepercayaan 95% (α= 0,05). Pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 63,14 dan rata-rata kelas kontrol adalah 52.14. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 2.54 > ttabel 1,68 yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Pada ranah afektif kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata siswa 76.67 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 67.1 setelah dilakukan uji t hipotesis diterima karena Thitung 4.50 > Ttabel 1.68. Untuk ranah psikomotor kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata keseluruhan yaitu 76.7 dan nilai rata-rata keseluruhan kelas kontrol yaitu 72.2 setelah dilakukan uji t hipotesis diterima karena Thitung > Ttabel 1.68. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share disertai media gambar dapat berpengaruh baik terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman.