Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru, Disiplin Belajar, Keaktifan Siswa dan Lingkungan Sekolah terhadap Kepuasan Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok
Main Author: | Deni, Marlina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8997/2/14090191-DENI%20MARLINA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8997/1/1.%20abstrak%20DENI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8997/3/BAB%20V%20-%202020-07-27T095422.446.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8997/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-27T095440.632.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8997/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap kepuasan belajar, 2) pengaruh disiplin belajar terhadap kepuasan belajar, 3) pengaruh keaktifan siswa terhadap kepuasan belajar, 4) pengaruh lingkungan sekolah terhadap kepuasan belajar, 5) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru, disiplin belajar, keaktifan siswa dan lingkungan sekolah secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2018. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 1 Pantai Cermin berjumlah 160 orang. Teknik penarikan sampelnya yaitu stratified random sampling sebanyak 85 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap kepuasan belajar IPS siswa kelas VIII di SMP N 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok dengan nilai koefisien sebesar 0,206. Nilai ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,542 > ttabel sebesar 1,98 dengan nilai signifikan 0,001<