Profil Komunikasi Interpersonal Peserta Didik dalam Membina Hubungan Sosial di Kelas IS SMA Negeri 5 Padang
Main Author: | Silvia, Chania |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8985/1/14060207-SILVIA%20CHANIA-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8985/2/ABSTRAK%20-%202020-07-25T110713.418.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8985/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-25T110806.369.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8985/4/KEPUSTAKAAN%20%2894%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8985/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang kurang memberi bantuan kepada temannya dalam belajar, adanya peserta didik yang tidak memiliki sifat respect. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan. 1) Komunikasi interpersonal peserta didik dalam membina hubungan sosial dari aspek keterbukaan. 2) Aspek empati.3) Aspek sikap mendukung. 4) Aspek sikap positif. 5) Aspek kesetaraan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 177 peserta didik yang dipilih dengan teknik simple random sampling sehingga sampel penelitian 120 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang profil komunikasi interpersonal peserta didik dalam membina hubungan sosial kelas IS SMA Negeri 5 Padang maka dapat di simpulkan sebagai berikut: 1) Komunikasi interpersonal peserta didik dalam membina hubungan sosial dari aspek keterbukaan berada pada kategori cukup baik. 2) Komunikasi interpersonal peserta didik dalam membina hubungan sosial peserta didik dari aspek empati berada pada kategori cukup baik. 3) Komunikasi interpersonal peserta didik dalam membina hubungan sosial dari aspek positif berada pada kategori cukup baik. 4) Komunikasi interpersonal peserta didik dalam membina hubungan sosial dari aspek mendukung berada pada kategori cukup baik. 5) Komunikasi interpersonal peserta didik dalam membina hubungan sosial dari aspek kesetaraan berada pada kategori cukup baik. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar mampu meningkatkan hubungan sosial dari aspek keterbukaan, aspek empati, sikap mendukung, sikap positif dan aspek keterbukaan.