Persepsi peserta didik tentang penerapan azas kerahasiaan oleh guru BK dalam pelaksanaan layanan konseling perorangan di SMP Tamansiswa Padang

Main Author: Engla, Kadesta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8981/3/ENGLA%20KADESTA%2008060047%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8981/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8981/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8981/4/KEPUSTAKAAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8981/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki persepsi peserta didik tentang azas kerahasiaan oleh guru BK dalam layanan konseling perorangan. Berdasarkan hal ini maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik tentang penerapan azas kerahasiaan oleh guru BK dalam pelaksanaan layanan konseling perorangan di SMP Tamansiswa Padang dilihat dari segi :1. Menerima, 2. Menyimpan, 3. Menjaga, 4. Memelihara, dan 5. Merahasiakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Total Sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 37 orang peserta didik, sementara yang dijadikan sampel sebanyak 37 orang peserta didik. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada peserta didik. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa:1.Menerima data peserta didik berada pada kategori baik, 2. Menyimpan data peserta didik berada pada kategori sangat baik, 3. Menjaga data peserta didik berada pada kategori baik. 4. Memelihara data peserta didik berada pada kategori baik, 5. Merahasiakan data peserta didik berada pada kategori baik.Penelitian ini merekomendasikan Guru BK yang bertugas memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, agar dapat membimbing peserta didik dalam meningkatkan keterampilan belajar peserta didik, personil sekolah serta seluruh staf nya mampu dan dapat menindak lanjuti dari hasil penelitian ini nantinya, supaya dapat meninggkatkan keterampilan peserta didik dalam belajar.