Efektivitas Penggunaan Model Cooperative, Integreted, Reading, and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas X SMK Semen Padang

Main Author: Novi, Sri Hartati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8954/1/14080085%20JURNAL%20NOVI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8954/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8954/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8954/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8954/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini siswa tidak mampu memahami isi bacaan yang dibacanya. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan model Cooperative, Integrated, Reading, and Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca cepat Siswa Kelas X SMK Semen Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Semen Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 25 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan membaca cepat siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Cooperative, Integrated, Reading, and Composition (CIRC) Siswa Kelas X SMK Semen Padang Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, tingkat kemampuan membaca cepat sebelum menggunakan model CIRC siswa kelas X SMK Semen Padang memperoleh nilai rata-rata 51,33 dengan klasifikasi 46-55% yaitu hampir cukup. Kedua, tingkat kemampuan membaca cepat sesudah menggunakan model CIRC Siswa kelas X SMK Semen Padang memperoleh nilai rata-rata 70,26 dengan klasifikasi 66-75% yaitu lebih dari cukup (LdC). Ketiga, dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan di dapat nilai thitung yang diperoleh 7,07 berarti penggunaan model CIRC sangat efektif terhadap kemampuan membaca cepat. Jadi, dapat dikatakan bahwa penggunaan model CIRC memiliki efektifitas terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas X SMK Semen Padang. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima.