Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat kesadaran guru dalam penggunaan instructional technology dalam kegiatan mengajar bahasa Inggris dikelas XI SMA N 6 Solok-Selatan. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti memilih total sampling, yaitu dua orang guru bahasa inggris kelas XI SMA N 6 Solok-Selatan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi terhadap guru ketika proses belajar mengajar didalam kelas, dan melakukan wawancara. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa, guru di SMA N 6 Solok-Selatan menggunakan instructional technology dalam proses pembelajaran. Instructional technology yang digunakan adalah laptop dan internet.Teacher A aware dalam penggunaan laptop untuk menjelaskan materi ajar. Sedangkan teacher B aware dalam menggunakan laptop untuk menjelaskan materi ajar dan media ajar. Internet tidak dapat digunakan guru didalam kelas karena jaringan wifi tidak terjangkau kesetiap kelas. Dengan demikian disimpukan bahwa guru bahasa Inggris SMA N 6 Solok-Selatan aware dalam menggunakan laptop untuk menyampaikan materi ajar dan media pembelajaran. Kata Kunci: Instructional technology, Kesadaran Guru