Pelayanan Adminitrasi Kependudukan Pemerintah Desa Makalo Terhadap Masyarakat Kecamatan Pagai Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai
Main Author: | Leonardus, Leonardus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8918/1/LEONARDUS%20SAMALOISA%2014070106%20SKRIPSI%20.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8918/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8918/3/BAB%20VI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8918/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8918/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya masyarakat yang mengeluh karena macetnya Pelayanan Pemerintah Desa Makalo Kecamatan Pagai Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan jenis Pelayanan Administrasi Kependudukan Pemerintah Desa Terhadap Masyarakat Kecamatan Pagai Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. (2) untuk mendeskripsikan kendala dalam pelayanan administrasi kependudukan pemerintah desa terhadap masyarakat kecamatan pagai selatan kabupaten kepulauan mentawai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori birokrasi yang dikemukakan oleh Max Weber. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan tipe Deskriptif . teknik pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah 10 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan dengan model analisis data yang interaktif (Milles dan Huberman) yang mencakup empat tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1). jenis pelayanan administrasi kependudukan pemerintah desa makalo terhadap masyarakat bahwa untuk pengurusan administrasi kependudukan, masyarakat harus melengkapi syarat-syarat dengan membawa surat pengantar dari dusun untuk dibawa ke desa supaya dibuatkan surat pengantar dan diserahkan ke kecamatan atau ke kabupaten untuk memperoleh Kartu Tanda Penduduk (KTP) , Kartu Keluarga (KK) Akta Kelahiran, Akta Nikah. (2). Bahwa masyarakat belum merasa puas dengan pelayanan pemerintah desa makalo. Karena adanya kendala dalam melayani masyarakat seperti ketidak disiplinan aparatur pemerintah desa, lamanya proses pembuatan surat pengantar, fasilitas yang masih kurang, dan kompetensi aparatur yang masih lemah. Masyarakat mengeluh karena yang mereka rasakan dengan pelayanan aparatur desa makalo tidak sesuai apa yang diharapkan oleh masyarakat. Kata kunci : pelayanan, pemerintah, masyarakat