Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya jumlah pengunjung objek wisata Pantai Air Manis dan kurangnya ketertiban dan kebersihan dalam pengelolaan objek wisata Pantai Air Manis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Stakeholder dalam Pengelolaan Objek Wisata Pantai Air Manis Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Penelitian ini menggunakan teori fungsionalisme struktural yang dikemukakan oleh Talcont Person. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskritif. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah 15 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data berupa, observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen.Unit Analisis nya kelompok yaitu pemerintah dan masyarakat. Analisis data yang digunakan dengan model analisis data interaktif (Milles dan Huberman) yang mencakup empat tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pengelolaan objek wisata Pantai Air Manis dilakukan oleh Pemerintah, masyarakat dan pihak swasta adapun Peran stakhelder yaitu (1) Pengelolaan keamanan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan masyarakat Pantai Air Manis, pada hari libur Dinas Pariwisata bekerja sama dengan TNI dan polisi untuk menjaga keamanan Pantai Air Manis. (2) Pengelolaan Ketertiban yang dilakukan Dinas Pariwisata dengan menutup jalan dengan palang agar kendaraan tidak parkir di bibir-bibir pantai. (3) Pengelolaan Kebersihan yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Masyarakat Pantai Air Manis untuk membersihkan pantai setiap hari. (4) Pengelolaan Keindahan yang dilakukan oleh pemerintah dengan cara pembangunan taman dan pembenahan fasilitas yang ada di Pantai Air Manis. (5) Penyediaan makanan dan souvenir yang dilakukan masyarakat sebagai bentuk kenang-kenangan dari objek wisata Pantai Air Manis. (6) Aktraksi bermain yang disediakan pihak swasta dan masyarakat untuk menjadi daya tarik objek wisata Pantai Air Manis. Kata Kunci: Stakeholder, Pengelolaan Objek Wisata