Pengaruh Penerapan Strategi Giving Question and Gatting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Gunung Tuleh
Main Author: | Sadra, Hamida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/889/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/889/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/889/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/889/4/13110022%20SADRA%20HAMIDA%20%20%20ok.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/889/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Tuleh yang masih rendah karena selama proses pembelajaran kurangnya variasi strategi pembelajaran yang digunakan guru sehingga siswa masih kurang termotivasi untuk belajar. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan guru agar hasil belajar fisika siswa menjadi lebih baik adalah dengan menggunakan strategi giving question and getting answer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi belajar aktif tipe GQGA terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Tuleh. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah random control group only design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Tuleh yang terdiri dari 2 kelas yang sekaligus merupakan sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar fisika siswa berupa soal essay dan aktivitas siswa selama pembelajaran berupa lembar observasi. Hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen (XI IPA 1) adalah 75,70 dan kelas kontrol (XI IPA 2) adalah 61,59. Selanjutnya hasil dari uji hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung = 3,27 > ttabel = 2,01 maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen 80 dan kelas kontrol 65. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi belajar aktif tipe giving question and getting answer terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Tuleh.