Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Marlisa, Oktavia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8882/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8882/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8882/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8882/4/MARLISA%20OKTAVIA%2014050085%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8882/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar matematika siswa kelaas XI MIA 1 SMA Negeri 1 IV Koto Aur Malintnag Kabupaten Padang Pariaman pada tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimen, dengan desain penelitian Pre-test and posttest group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 SMAN 1 IV Koto Aur Malintang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah dua kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling purposive. kelas yang terpilih sebagai sampel adalah XI MIA 1. Instrumen yang digunakan adalah soal pre-test dan postttest berupa essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah N-gain. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa rata-rata nilai pre-test dan postttest adalah 33.04 dan 72,19 dan rata-rata n-gain 0,58 dengan kritreria sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 IV koto aur malintang kabupaten padang Pariaman.