Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VII SMPN 30 Padang
Main Author: | Rommy, Athilla Saputra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8876/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8876/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8876/3/DAFTAR%20PUSTAKA%20FIKS.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8876/4/%2814050064%29%20ROMY%20ATHILLA%20SAPUTRA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8876/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kurang berani mengungkapkan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 30 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen, dengan pengambilan sampel secara random terhadap subjek. Populasi terdiri dari 8 kelas. Terpilih kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir, dengan reliabilitas adalah 0,89. Berdasarkan hasil tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan tidak homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 30 Padang.