Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMAN 1 Batang Anai

Main Author: Indri, Yani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8872/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8872/2/BAB%205.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8872/3/DAFTAR%20PUSTKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8872/4/INDRI%20YANI%2014050060%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8872/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Batang Anai dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimen, dengan desain penelitian Pre-Test and Post-Test Group.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Batang Anai yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah tiga kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling.Kelas yang terpilih sebagai kelas sampel adalah XI MIPA3. Instrumen yang digunakan adalah soal Pre-test dan Post-test berupa Essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 26 dan ttabel =1,70,karena thitung > ttabel karena pada nilai pre-test siswa mendapatkan nilai rendah sedangkan pada nilai post-test siswa mendapatkan nilai tinggi maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI MIPA3 SMAN 1 Batang Anai dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan penerapan strategi NHT berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa.