Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMAN 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Reski, Nopita Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8851/1/RESKI%20NOPITA%20SARI%2015060071%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8851/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8851/3/BAB%20V%20PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8851/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8851/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik mendapatkan nilai di bawah batas KKM pada mata pelajaran wajib, adanya peserta didik yang kurang berpartisipasi dalam mengerjakan tugas kelompok, adanya peserta didik kurang memperhatikan guru dalam menerangkan pelajaran, adanya peserta didik yang mengikuti pelajaran yang disukainya saja. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) disiplin belajar; 2) hasil belajar; 3) hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah 150 peserta didik yang telah mematuhi tata tertib yang ada di sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu sebanyak 60 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif dan product moment corelation. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) disiplin belajar peserta didik berada pada kategori sangat baik dengan persentase 70,00%.; 2) hasil belajar peserta didik berada pada kategori rata-rata dengan persentase 86,67.; 3) adanya hubungan yang signifikan antara variabel X disiplin belajar dan variabel Y hasil belajar dinyatakan dengan r hitung 0,640 > r table 0,254 dengan kata lain hipotesis dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini di rekomendasikan kepada peserta didik agar meningkatkan disiplin belajar dan hasil belajarnya. Kata kunci : Disiplin, Hasil Belajar