Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Self-Concept Peserta Didik (Studi di Kelas IX E SMP N 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan)
Main Author: | Yulia, Amriza Fani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8844/1/14060152%20-%20YULIA%20AMRIZA%20FANI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8844/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8844/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8844/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8844/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memilik self-concept negatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan; 1) Gambaran self-concept peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi. 2) Gambaran self-concept peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi. 3) Efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi dalam meningkatkan self-concept peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian Pre Eksperimental Designs (Nondesigns) One Grup. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 24 orang peserta didik dan sampelnya adalah 8 orang peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan persentase dan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian tentang efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan metode diskusi untuk meningkatkan self-concept peserta didik dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Gambaran self-concept negatif peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi berada pada kategori tinggi. 2) Gambaran self-concept negatif peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi berada pada kategori rendah. 3) Adanya signifikasi dari efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-concept dengan menggunakan metode diskusi di Kelas IX E SMP Negeri 2 Lengayang. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar membantu peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi sehingga peserta didik mampu merubah self-concept negatif menjadi konsep diri positif.