Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Titi, Sumiati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8840/1/14080243%20-%20TITI%20SUMIATI%20%28skrpsi%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8840/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8840/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8840/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8840/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Kemampuan menulis siswa masih rendah disebabkan karena kurangnya kemampuan siswa tentang menulis teks eksposisi dan siswa mengatakan menulis itu membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 32 siswa. Data pada penelitian ini adalah hasil dari skor Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas 1 X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sutera adalah dilihat dari indikator 1 (Tesis) tergolong baik sekali dengan rata-rata sebesar 92,71 berada pada rentangan 86,95%, indikator 2 (Argumentasi) pada struktur teks eksposisi tergolong lebih dari cukup dengan rata-rata sebesar 67,71 berada pada rentangan pada 66,67%, indikator 3 (Penegasan Ulang Pendapat) pada struktur teks eksposisi tergolong lebih dari cukup dengan rata-rata sebesar 71,88 berada pada rentangan 66,67%, indikator 4 (Kata Kerja Mental) pada kebahasaan teks eksposisi tergolong lebih dari cukup dengan rata-rata sebesar 71,88 berada pada rentangan 66-67%, indikator 5 (Kata Istilah Teknis) pada kebahasaan teks eksposisi tergolong cukup dengan rata-rata sebesar 59,73 berada pada rentangan 56-65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas 1 X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan untuk gabungan kelima indikator tergolong lebih dari cukup dengan rata-rata 72,49 berada pada tingkat penguasaan 66-75%.