Hubungan Kebiasaan Belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas X lintas minat SMAN 5 Solok Selatan
Main Author: | Dwita, Ayuning Dita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8830/1/14010115%20-%20DWITA%20AYUNING%20DITA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8830/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8830/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8830/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8830/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan karena ditemukan permasalahan yang didapatkan dari hasil wawancara yaitu kurangnya konsentrasi siswa ketika pendidik menerangkan pelajaran, kebiasaan siswa tidak membuat jadwal pelajaran dirumah, siswa terbiasa tidak meluangkan waktu untuk mengulangi kembali pelajaran dirumah, siswa terbiasa tidak membagi waktu untuk membaca buku pelajaran biologi, siswa jarang berkunjung keperpustakaan untuk membaca buku pelajaran biologi, hasil belajar Ujian Akhir Semester siswa masih dibawah Ketuntasan Belajar Minimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilihat hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas X lintas minat SMAN 5 Solok Selatan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 5 Solok Selatan. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 5Solok Selatan tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 131orang siswa yang tersebar dalam empat kelas.Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang. Instrumen dalam penelitian ini ialah angket kuesioner. Angket yang dibuat merupakan jenis angket tertutup dengan menggunakan skalalikert . Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan uji t.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dari perhitungan didapat nilai thitung 3,35.(95 persen α = 0,05) pada taraf kepercayaan di dapat ttabel 1,69. Jadi thitung > ttabel, dapat dirangkum bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 5 Solok Selatan.