Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa permasalahan, dalam proses pembelajaran siswa masih terpusat pada guru. Masih banyakl siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa masih dibawah (KKM) yang telah diterapkan disekolah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan populasi siswa kelas X SMA Negri 4 Pariaman yang terdaftar pada tahun 2018/2019. Kelas eksperimen yaitu kelas X IPA.3 dan kelas kontrol yaitu kelas X IPA.1 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini ialah Randomized Control Posttest Only Design. Dengan menerapkan instrumen pada kompetensi sikap berbentuk penilaian diri dan penilaian antar teman. Penilaian akademik siswa dapat dilihat pada tes akhir siswa yaitu menjawab soal dalam bentuk pilihan ganda. Kompetensi keterampilan dilihat dari laporan yang dibuat oleh siswa. Analisis data menggunakan uji-t, dengan kriteria thitung>ttabel. Pada hasi tes yang didapatkan ini didapatkan hasil belajar rata-rata masing-masing kelas, kelas eksperimen 54,58 (D), sedangkan kelas kontrol 49,87 (D) dengan demikian berdasarkan uji-t didapatkan harga thitung 2,41dan ttabel 1,71 berarti thitung > ttabel, jadi hipotesis disimpulkan dalam penelitian ini dengan taraf kepercayaan 0,05% diterima. Hasil ranah afektif siswa di kelas eksperimen ialah 92,97 (A) di kelas kontrol 88,02 (A) = 1,70 dan = 1,61 jadi , maka hipotesis ditolak. Psikomotor siswa pada kelas eksperimen dengan nilai hasil 85,73 (B) dan kelas kontrol 85,34 (B) = 1,68 sedangkan = -0,20 jadi , maka hipotesis ditolak. sehingga bisa dikatakan penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada kognitif sedangkan kedua ranah ini afektif dan psikomotor belum dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negri 4 Pariaman