Teachers’ Strategies in Managing a Large Class in Teaching English at the Tenth Grade of SMA N 9 Padang Academic Year 2018/2019
Main Author: | Silvia, Dwi Yuliarti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8826/1/SILVIA%20DWI%20YULIARTI%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8826/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8826/3/CHAPTER%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8826/4/REFERENCES.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8826/ |
Daftar Isi:
- Dalam mengelola kelas, guru sering memiliki masalah, seperti bagaimana menciptakan kondisi yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran sehingga proses pembelajaran bisea berlangsung secara efektif dan efisien demi tercapainya proses pembelajaran khususnya di kelas besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengelola kelas besar di dalam mengajar bahasa inggris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dalam menentukan partisipan peneliti menggunakan purposive sampling. Peneliti memilih 2 guru yang mengajar di kelas besar yaitu kelas X di SMA N 9 Padang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan (observation checklist) melalui instrumen pendukung penelitian yaitu video recorder dan catatan lapangan. Ada empat strategi yang digunakan oleh guru dalam mengelola kelas besar yaitu teknik mengajar (teaching techniques), posisi tempat duduk (seating arrangement), guru memberikan umpan balik (the teacher is the way to give feedback) dan guru memberikan evalusi (teaching evaluation). Dari hasil penilitian, peneliti menemukan beberapa perbedaan strategi yang digunakan oleh guru. Strategi guru dalam teknik mengajar adalah guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan mengambil absen siswa. Strategi guru dalam seating arrangement adalah guru membentuk tempat duduk siswa dalam bentuk diskusi kelompok. Strategi guru dalam memberikan feedback adalah guru meminta siswa untuk memperhatikan selama proses vpembelajaran berlangsung. Strategi guru dalam memberikan evaluasi adalah guru memberikan tugas di sekolah dan juga tugas di rumah kepada siswa. Kata kunci : Kelas besar, pengelolaan kelas