Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran fisika yang saat ini masih berpusat pada guru karena belum maksimalnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil belajar fisika siswa masih rendah. Mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan teknik pembelajaran kancing gemerincing. Teknik kancing gemerincing adalah teknik pembelajaran yang menggunakan kancing berwarna sebagai tanda siswa mengeluarkan pendapat. Setiap siswa berbicara maka mereka harus menyerahkan kancingnya, namun apabila kancing yang mereka miliki telah habis maka mereka tidak boleh berbicara sampai semua rekannya yang lain menghabiskan kancingnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan teknik pembelajaran kancing gemerincing terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Limau. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian posttest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Teknik ini menghendaki adanya kelompok-kelompok dalam pengambilan sampel berdasarkan atas kelompok-kelompok yang ada pada populasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney karena data tidak terdistribusi normal namun homogen. Hasil belajar fisika siswa yang diperoleh dalam penelitian pada ranah kognitif, kelas eksperimen memiliki rata-rata 79, 55 dan pada kelas kontrol 67,19. Kelas eksperimen pada ranah afektif memiliki rata-rata 87,05 dan pada kelas kontrol 77,93. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan teknik pembelajaran kancing gemerincing terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sungai Limau pada tahun pelajaran 2016/2017.