Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan kemampuan membaca pemahaman menggunakan teknik isian rumpang dengan teknik penataan gagasan siswa kelas VII SMP Semen Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada peelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Semen Padang berjumlah 133 orang yang tersebar 4 kelas terdaftar tahun 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah 25 siswa dengan Proportional Random Sampling. Analisis data menunjukkan bahwa perbedaan kemampuan membaca pemahaman menggunakan teknik isian rumpang dengan teknik penataan gagasan siswa kelas VII SMP Semen Padang disimpulkan, (1) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Semen Padang dengan teknik isian rumpang pada kualifikasi baik (78,10), (2) kemampuan membaca pemahaman menggunakan teknik penataan gagasan siswa kelas VII SMP Semen Padang berada pada kualifikasi baik (82,63), (3) perbedaan kemampuan membaca pemahaman menggunakan teknik isian rumpang dengan teknik penataan gagasan siswa kelas VII SMP Semen Padang dengan derajat kebebasan n-2 (25-2=23).