Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan
Main Author: | Novi, Andra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8800/1/ABSTRAK%20%2852%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8800/2/DAFTAR%20PUSTAKA%20%2819%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8800/3/BAB%20V%20%2843%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8800/4/10080118%20NOVI%20ANDRA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8800/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dibahas di dalam penelitian ini adalah Pertama, Siswa belum memahami konsep teks cerpen dengan benar. Kedua, kurangnya minat siswa untuk membaca teks cerpen. Ketiga, teknik yang diterapkan guru cenderung monoton dalam meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen. Rumusan Masalah Penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan menggunakan teknik meniru model?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan menggunakan teknik meniru model. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015, dan sampel penelitian yang berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, tes yang diterapkan adalah tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan, Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Ranah Ampek Hulu Tapan menggunakan teknik meniru model untuk indikator 1 (struktur orientasi) tergolong baik (B) dengan mean 76 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (76 - 85%). Kedua, kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Ranah Ampek Hulu Tapan menggunakan teknik meniru model untuk indikator 2 (struktur komplikasi) baik (B) dengan mean 85 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (76 - 85%). Ketiga, menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Ranah Ampek Hulu Tapan menggunakan teknik meniru model untuk indikator 3 (struktur resolusi) baik (B) dengan mean 83 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (76 - 85%).