Hubungan Kemampuan Memahami Teks Pantun Dengan Kemampuan Menulis Teks Pantun Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padang
Main Author: | Nopita, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8796/1/ABSTRAK%20%2848%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8796/2/Kesimpulan%20%289%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8796/3/KEPUSTAKAAN%20%2834%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8796/4/09080332%20NOPITA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8796/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hal-hal sebagai berikut pertama, kurangnya pemahaman siswa terhadap teks pantun. Kedua, siswa kurang terampil menulis teks pantun. Ketiga, kurangnya sarana dan prasana dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kemampuan memahami teks pantun dengan kemampuan menulis teks pantun siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang yang berjumlah sebanyak 288 siswa.Teknik pengambilan sampel yaitu propotional random sampling. Sampel sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif dan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal. Ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, kemampun memahami teks pantun siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang termasuk kategori baik (B) dengan rata-rata 76 berada pada rentang persentase (76-85%). Kedua, kemampuan menulis teks pantun siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang termasuk kategori baik sekali (BS) dengan rata-rata 84,16 berada pada rentang persentase 76-85%. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan kemampuan memahami teks pantun dengan Kemampuan Menulis Teks Pantun Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padang terdapat hubungan yang signifikan diperoleh h sebesar 8,17 lebih besar dari dengan derajat kebebasan (n-2) dan taraf signifikan 95% yaitu sebesar 1,70 antara kemampuan memahami teks pantun dengan kemampuan menulis teks pantun Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Hoditolak H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa t hitung > t tabel yaitu 8,17 > 1,70.