Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Padang dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik
Main Author: | Nofriadi, Nofriadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8794/4/ABSTRAK%20%2845%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8794/1/BAB%20V%20%2839%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8794/2/KEPUSTAKAAN%20%2832%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8794/3/10080235%20NOFRIADI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8794/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 17 Padang dengan menggunakan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015, sebanyak 288 orang yang tersebar dalam 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling atau teknik persentase secara acak. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 32 orang siswa yang diambil sebanyak 15% dari jumlah populasi siswa per kelas. Data penelitian ini berupa hasil tes teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 17 Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan cara memberikan tes unjuk kerja kepada siswa untuk mengetahui berapa jumlah skor dan nilai siswa dalam menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 17 Padang dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk indikator 1 (berupa struktur pernyataan pendapat/tesis tergolong baik (76-85%). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 17 Padang dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk indikator 2 (berupa struktur argumen) tergolong baik sekali (86-95%). Ketiga, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 17 Padang dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk indikator 3 (berupa struktur penegasan ulang pendapat) tergolong lebih dari cukup (66-75%). Keempat, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 17 Padang dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk indikator 4 (menggunakan ciri kebahasaan teks eksposisi) tergolong baik sekali (86-95%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 17 Padang dengan menggunakan pendekatan saintifik yaitu 82 berada pada kualifikasi baik (B).