Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Media Poster Siswa Kelas X SMA Kartika 1-5 Padang
Main Author: | Mursina, Harahap |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8789/1/ABSTRAK%20%2841%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8789/2/BAB%20V%20%2837%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8789/3/KEPUSTAKAAN%20%2830%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8789/4/10080096%20MURSINA%20HARAHAP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8789/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dibahas di dalam penelitian ini adalah Pertama, kalimat yang ditulis siswa belum efektif. Kedua, siswa belum mampu menentukan topik tulisannya. Ketiga, siswa kesulitan menuangkan idenya ke dalam bentuk bahasa tulis. Keempat, penguasaan kosakata siswa masih rendah. Kelima, minimnya variasi pengadaan media dalam pembelajaran teks eksposisi. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi dengan menggunakan media poster siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang yang terdaftar pada tahun 2014/2015 yang berjumlah 203 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik acak (proportional random sampling) yang berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data dengan cara memberi tes menulis teks eksposisi dengan menggunakan media poster. Teknik analisis data menggunakan skor penilaian, rumus, persentase dan skala. Berdasarkan pembahasan dan analisis data yang telah dilakukan mengenai kemampuan menulis teks eskposisi dengan menggunakan media poster siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Untuk penilaian sikap siswa dalam menulis teks eksposisi dengan menggunakan media poster untuk aspek 1 (santun) termasuk dalam kriteria CB-B, aspek 2 (jujur) dalam kriteria CB-B, dan aspek 3 (tanggungjawab) dalam kriteria B. Selanjutnya, untuk indikator 1 (judul) tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata hitung 75 berada pada penguasaan 66-75% nilai 7 pada skala 10. Untuk indikator 2 (pernyataan pendapat) tergolong baik (B) dengan rata-rata hitung 81 berada pada penguasaan 76-85% nilai 8 pada skala 10. Untuk indikator 3 (argumentasi) tergolong baik (B) dengan rata-rata hitung 82 berada pada penguasaan 76-85% nilai 8 pada skala 10. Untuk indikator 4 (penegasan ulang pendapat) tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata hitung 75 berada pada penguasaan 66-75% nilai 7 pada skala 10. Untuk indikator 5 (unsur kebahasaan) tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata hitung 75 berada pada penguasaan 66-75% nilai 7 pada skala 10. Untuk keseluruhan indikator tergolong baik (B) dengan rata-rata hitung 78 berada pada penguasaan 76-85% nilai 8 pada skala 10