Kemampuan Mengidentifikasi Teks Cerita Biografi Siswa Kelas VIII SMP N 12 Padang Menggunakan Teknik Pemodelan
Main Author: | Marina, Marina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8786/1/ABSTRAK%20%2838%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8786/3/BAB%20V%20%2834%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8786/2/KEPUSTAKAAN%20%2829%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8786/4/10080040%20MARINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8786/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi masalah sebagai berikut: Pertama, pembelajaran tentang mengidentifikasi teks cerita biografi kurang diminati siswa karena dianggap sulit bagi siswa. Kedua, kurangnya pengetahuan siswa tentang mengidentifikasi teks cerita biografi. Ketiga, siswa kesulitan dalam mengembangkan ide-ide apabila ditugaskan mengidentifikasi teks cerita biografi karena siswa tidak mengerti cara memulai mengidentifikasi teks cerita biografi dan teks cerita biografi siapa yang akan diidentifikasi. Keempat, teknik untuk pembelajaran ini relatif kurang atau tidak kreatif. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode deskripstif. Populasi penelitian ini adalah 268 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa. Analisis data dilakukan sebagai berikut. Pertama, memeriksa atau memberi skor hasil tulisan siswa berdasarkan indikator yang diteliti. Kedua, mengolah skor menjadi nilai dengan menggunakan rumus persentase. Ketiga, menghitung kemampuan mengidentifikasi teks cerita biografi siswa kelas VIII SMP N 12 Padang berdasarkan rata-rata hitung (M). Keempat, mengklasifikasi kemampuan mengidentifikasi teks cerita biografi dengan menggunakan skala 10. Kelima, menganalisis dan membahas data penelitian. Keenam, membuat gambar histogram. Ketujuh, menyimpulkan hasil penelitian. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi teks cerita biografi siswa kelas VIII SMP N 12 Padang menggunakan teknik pemodelan. Bardasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan mengidentifikasi teks cerita biografi siswa kelas VIII SMP N 12 Padang menggunakan teknik pemodelan, dapat disimpulkan secara umum pada taraf kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 83.54 berada pada rentangan 76—85%. Berdasarkan Indikator 1 indentitas tokoh (nama, tempat tanggal lahir, agama, jabatan, dan nama istri/anak) diperoleh (M) 95.00 berada pada rentangan 86—95% pada kualifikasi baik sekali (BS). Pada indikator 2 sifat-sifat tokoh memperoleh mean (M) sebesar 65.83, berada Pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) pada rentangan 56—65%. Pada indikator 3 prestasi tokoh memperoleh mean (M) sebesar 89.16 berada pada rentangan 86—95% pada kualifikasi baik sekali (BS). Pada indikator 4 keistimewaan tokoh memperoleh mean (M) sebesar 84.16 berada pada rentangan 76—85% pada kualifikasi baik (B).