Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan Menggunakan Teknik Tiru Model
Main Author: | Linda, Afriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8784/2/ABSTRAK%20%2836%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8784/1/BAB%20V%20%2832%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8784/3/KEPUSTAKAAN%20%2828%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8784/4/10080233%20LINDA%20AFRIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8784/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian adalah rendahnya pemahaman tentang konsep teks eksplanasi. Rendahnya pemahaman tentang struktur dan ciri kebahasaan teks eksplanasi, dan masih ada siswa yang kurang terampil dalam menulis teks eksplanasi baik dari segi struktur maupun dari segi ciri kebahasaan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan menggunakan teknik tiru model. Siswa dituntut untuk terampil menulis teks eksplanasi sesuai dengan kuruikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang yang terdatar pada tahun ajaran 2013/2014, sebanyak 256 orang yang tersebar dalam 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling atau teknik persentase secara acak. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 24 orang siswa yang diambil sebanyak 10% dari jumlah populasi siswa per kelas. Data penelitian ini berupa hasil tes teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan cara memberikan tes unjuk kerja kepada siswa untuk mengetahui berapa jumlah skor dan nilai siswa dalam menulis teks eksplanasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan perolehan hasil keterampilan siswa secara keseluruhan yaitu 84,4 tergolong baik (B), hal itu akan diuraikan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan menggunakan teknik tiru model untuk indikator 1 (berupa judul) tergolong sempurna sebesar 100 (96-100%). Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan menggunakan teknik tiru model untuk indikator 2 (berupa pernyataan umum) tergolong lebih dari cukup sebesar 72,21(66-75%). Ketiga, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan menggunakan teknik tiru model untuk indikator 3 (berupa rincian penjelas) tergolong baik sekali sebesar 91,65 (86-95%). Keempat, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan menggunakan teknik tiru model untuk indikator 4 (berupa interpretasi) tergolong baik sebesar 76,38 (76-85%). Kelima, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang dengan menggunakan teknik tiru model untuk indikator 5 (penggunaan konjungsi) tergolong sempurna sebesar 100 (96-100%).