Pengaruh Teknik Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Padang
Main Author: | Indriani, Indriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8781/1/ABSTRAK%20%2833%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8781/2/BAB%20V%20%2829%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8781/3/KEPUSTAKAAN%20%2825%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8781/4/10080174%20INDRIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8781/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, Pertama, rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi. Kedua, siswa kurang memahami suatu konsep atau objek yang diberikan oleh guru. Ketiga, penggunaan EYD dalam penulisan karangan argumentasi siswa belum tepat digunakan seperti pada penggunaan tanda baca. Keempat, kurangnya motivasi siswa untuk menulis sehingga siswa kesulitan untuk menuangkan suatu ide. Kelima, siswa sulit untuk memulai menulis karangan argumentasi yang akan ditulisnya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen One Group Pretest-Postest Desigen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014-2015 sebanyak 262 siswa. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X.6 berjumlah 32 orang, diambil dengan teknik purposive sample. Data penelitian ini adalah skor kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang sebelum dan sesudah menggunakan teknik inkuiri. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui Pertama, kemampuan menulis karangan argumentasi sebelum menggunakan teknik inkuiri siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang (pretest) memperoleh rata-rata sebesar 62,06 berada pada rentang 56 - 65% berkualifikasi cukup (C). Kedua, Kemampuan menulis karangan argumentasi sesudah menggunakan teknik inkuiri siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang (postest) memperoleh rata-rata 82,46 berada pada rentangan 76 - 85% berkualifikasi Baik (B). Ketiga, dari hasil uji-t terdapat pengaruh teknik inkuiri terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang. Dengan thitung= 8,73 dan ttabel = 1,70 pada P 0,05. Hal ini berarti hipotesis (H1), terdapat pengaruh yang signifikan.