Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat dengan Menggunakan Teknik Pemodelan
Main Author: | Helda, Desrina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8775/1/ABSTRAK%20%2827%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8775/2/BAB%20V%20%2825%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8775/3/KEPUSTAKAAN%20%2821%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8775/4/10080232%20HELDA%20DESRINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8775/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga hal. Pertama, kurangnya minat siswa dalam menulis naskah darama. Kedua, kurangnya pemahaman siswa terhadap sastra khususnya pembelajaran menulis naskah drama. Ketiga, guru belum menggunakan teknik pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan dalam menulis naskah drama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat dengan menggunakan teknik pemodelan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah hakikat menulis, hakikat drama, hakikat pemodelan, dan pembelajaran menulis naskah drama menggunakan teknik pemodelan. Jenis penelitiaan ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Luhak Nan Duo yang diambil secara acak (proposional random sampling) yaitu sebanyak 18 orang. Data dalam penelitian ini adalah hasil kerja siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Luhak Nan Duo dengan menggunakan teknik pemodelan. Berdasarkan pembahasan dan analisis data diperoleh hasil kemampuan menulis naskah drama berdasarkan keempat indikator yang diteliti yaitu, Pertama, kemampuan menulis naskah drama siswa untuk indikator 1(tema) tergolong sempurna (S), dengan rata-rata kemampuan siswa 98,29%. Kedua, kemampuan menulis naskah drama siswa untuk indikator 2 (alur) tergolong baik sekali (BS), dengan rata-rata kemampuan siswa 90,74%. Ketiga, kemampuan menulis naskah drama siswa untuk indikator 3 (latar) tergolong sempurna (S), dengan rata-rata kemampuan siswa 96,27%, keempat, kemampuan menulis naskah drama siswa untuk indikator 4 (amanat) tergolong sempurna (S), dengan rata-rata kemampuan siswa 96,26%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat dengan Menggunakan Teknik Pemodelan untuk gabungan keempat indikator tergolong baik sekali (BS), dengan rata-rata kemampuan siswa 89,81 berada pada rentangan 86-95 berada pada skala 10.