Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi. Ada beberapa alasan mengapa siswa kurang berminat dalam menulis teks laporan hasil observasi, pertama sebagian siswa tidak tertarik dengan keterampilan menulis dan pembelajaran teks yang mereka anggap membosankan atau monoton. Kedua, siswa kurang mampu mengembangkan struktur teks laporan hasil observasi ke dalam kalimat yang efektif. Ketiga, siswa kesulitan dalam mengembangkan isi pada setiap bagian teks laporan hasil observasi. Keempat teknik pembelajaran yang diajarkan kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA N 13 Padang dengan teknik objek langsung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 193 orang yang tersebar dalam enam kelas yang terdaftar tahun 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu mengambil sampel berdasarkan beberapa pertimbangan. Maka sampel penelitian dipilih kelas yang heterogen, yaitu kelas X Mia 1 yang berjumlah 32 orang. Data penelitian ini adalah tes unjuk kerja untuk kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA N 13 Padang dengan teknik objek langsung. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA N 13 Padang dengan teknik objek langsung adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan siswa untuk substantif, pengembangan pernyataan umum atau klasifikasi oleh anggota/aspek yang dilaporkan secara lengkap, data hasil pengamatan cocok dengan fakta yang dilaporkan tergolong baik (B) dengan nilai rata-rata 79 berada pada rentangan 76 − 85%. Kedua, kemampuan siswa dalam penulisan struktur tertata dengan baik, (pernyataan umum atau klasifikasi oleh anggota/aspek yang dilaporkan), kohesif tergolong baik (B) dengan nilai rata-rata 82 berada pada rentangan 76 − 85%. Ketiga, kemampuan siswa menggunakan pilihan kata dan ungkapan efektif, menguasai pembentukan kata dan penggunaan kata (kata benda, kata kerja, kata sifat, istilah dan kata konkret sesuai fakta) baik sekali (BS) dengan nilai rata-rata 90 berada pada rentangan 86 − 95%. Keempat, kemampuan siswa untuk kalimat efektif, baku, ringkas dan lugas, koherensi tergolong baik (B) dengan nilai rata-rata 78 berada pada rentangan 76 − 85%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA N 13 Padang dengan teknik objek langsung tergolong baik (B) dengan nilai rata-rata 82 berada pada rentangan 76 − 85%.