Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yaitu kemampuan menulis teks deskripsi siswa yang tergolong cukup tetapi belum sempurna. Hal itu terjadi karena siswa masih kurang paham dengan teks deskrpsi. Selain itu, pembelajaran tentang struktur teks deskripsi kurang dipahami oleh siswa, karena pembelajaran tersebut baru pada kurikulum 2013. Selanjutnya siswa kurangnya interaksi antara siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan menggunakan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015, dan sampel penelitian yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk indikator 1 (struktur identifikasi) tergolong sempurna (S) dengan mean 95,83 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (96-100%). Kedua, kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan menggunakan pendekatan santifik untuk indikator 2 (struktur klasifikasi) baik (B) dengan mean 79,18 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (76-85%). Ketiga, kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk indikator 3 (struktur deskripsi bagian) tergolong baik (B) dengan mean 80,57 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (76-85%). Keempat, kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk indikator 4 (menggunakan kata kerja aksi) tergolong baik sekali (BS) dengan mean 94,45 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (86-95%). Kelima, kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk indikator 5 (menggunakan kata sifat) tergolong baik (B) dengan mean 77,7 yang terdapat pada rentangan tingkat penguasaan (76-85%). Berdasarkan perolehan data secara keseluruhan, disimpulkan bahwa kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik tergolong baik sekali (BS) dengan nilai rata-rata (M) 86,09. Kata kunci : Kemampuan, Menulis, Teks Deskripsi, Pendekatan Saintifik.