Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 08 Kurnia Maju Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan dengan Menggunakan Metode SAS
Main Author: | Desy, Kurniawati Rizqi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8764/1/ABSTRAK%20%2816%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8764/2/Kesimpulan%20%283%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8764/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20%282%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8764/3/10080102%20DESY%20KURNIAWATI%20RIZQI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8764/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi sebagai berikut. Pertama, siswa cenderung tidak mampu menyebutkan huruf abjad secara lisan. Kedua, siswa senderung tidak mampu menentukan bunyi lambang huruf setelah menghitung urutan huruf abjadnya. Ketiga, siswa cenderung mampu memahami huruf kapital saja. Keempat, keterbatasan metode dalam pembelajaran membaca permulaan. Kelima, kurangnya perhatian keluarga terhadap siswa dalam pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 08 Kurnia Maju Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan dengan menggunakan metode SAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 08 Kurnia Maju tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 16 orang. Sampel penelitian ini diambil berdasarkan jumlah populasi yaitu berjumlah 16 orang. Data penelitian berupa rekaman kegiatan membaca permulaan siswa dengan menggunakan metode SAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 08 Kurnia Maju Dengan Menggunakan Metode SAS tergolong baik (B) dengan rata-rata hitung 81,25 berada pada penguasaan 76-85%. Berikut ini dijelaskan per aspek, pertama, aspek pengenalan bentuk huruf tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata hitung 89,5 berada pada penguasaan 86-95%. Kedua, aspek penguasaan unsur-unsur linguistik tergolong cukup (C) dengan rata-rata hitung 58,2 berada pada penguasaan 56- 65%. ketiga, aspek pengenalan hubungan pola eja dan bunyi tergolong baik (B) dengan rata-rata hitung 77 berada pada penguasaan 76-85%. Keempat, aspek kecepatan membaca bertaraf lambat tergolong sempurna (S) dengan rata-rata hitung 100 berada pada penguasaan 96-100%.