Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan berikut. Siswa belum memahami menulis teks eksplanasi karena teks eksplanasi pembelajaran baru di kurikulum 2013, kurang memahami isi struktur teks eksplanasi, siswa belum memahami unsur kebahasaan damam teks eksplanasi. Permasalahan yang dibahas bagaimanakah Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMPN 3 X Koto Singkarak dengan Menggunakan Media Gambar. Relevan dengan permasalahan tersebut penelitian ini untuk mendeskripsikan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMPN 3 X Koto Singkarak dengan Menggunakan Media Gambar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah hasil tes menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar yang dilakukan oleh siswa kelas VII SMPN 3 X Koto Singkarak. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 X Koto Singkarak berjumlah 148 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 X Koto Singkarak yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel berdasarkan persentase secara acak (proportional random sampling) yang cara penarikannya berdasarkan proporsi jumlah siswa per kelas. Berdasarkan pembahasan dan analisis data diperoleh hasil keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar tergolong baik ( B) berdasarkan gabungan kelima indikator yang diteliti dengan rata-rata kemampuan siswa 76,53 berada pada rentangan 76-85% dengan rincian sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa untuk indikator 1 (Judul) tergolong sempurna (s), dengan rata-rata kemampuan siswa 100%. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa untuk indikator 2 (pernyataan umum) tergolong baik (B), dengan rata-rata kemampuan siswa 79,1%. Ketiga, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa untuk indikator 3 (Deretan penjelas) tergolong baik sekali (BS), dengan rata-rata kemampuan siswa 84,6%. Keempat, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa untuk indikator 4 (interpretasi) tergolong lebih dari cukup (LDC), dengan kemampuan siswa 60,2%. Kelima, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa untuk indikator 5 (konjungsi) tergolong baik (B), dengan rata-rata kemampuan siswa 58,8%. Kata Kunci: Menulis, teks eksplanasi, dan media gambar.