Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam meringkas teks laporan hasil observasi, siswa cenderung menyalin ulang teks laporan hasil observasi, dan kalimat yang digunakan dalam meringkas teks laporan hasil observasi masih kurang efektif. Tujuan penelitian ini yaitu Mendeskripsikan kemampuan meringkas teks laporan hasil observasi menggunakan teknik membaca pemahaman (mencari ide pokok) siswa kelas VII SMP N 10 Padang ditinjau dari definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 10 Padang, berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel, yaitu teknik presentase secara acak proportional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Pertama, Guru menjelaskan secara singkat tentang meringkas. Kedua, Guru membagikan teks laporan hasil observasi tentang biota laut. Ketiga, Siswa meringkas teks laporan hasil observasi berdasarkan stuktur teks laporan hasil observasi menggunakan teknik membaca pemahaman (mencari ide pokok). Hasil penelitian meringkas teks laporan hasil observasi menggunakan teknik membaca pemahaman (mencari ide pokok) yang diteliti yaitu. Pertama, kemampuan meringkas teks laporan hasil observasi siswa untuk indikator 1 (definisi umum) tergolong sempurna (S), dengan rata-rata kemampuan siswa 98,6. Kedua, kemampuan meringkas teks laporan hasil observasi siswa untuk indikator 2 (deskripsi bagian) tergolong baik sekali (BS), dengan rata-rata kemampuan siswa 90. Ketiga, kemampuan meringkas teks laporan hasil observasi siswa untuk indikator 3 (deskripsi manfaat) tergolong baik (B), dengan rata-rata kemampuan siswa 80. Keempat, kemampuan meringkas teks laporan hasil observasi siswa untuk gabungan ketiga indikator tergolong lebih dari cukup (LdC), dengan rata-rata kemampuan siswa 68 berada pada rentangan 66-75%.