Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat siswa dalam keterampilan menulis teks cerita pendek masih rendah, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata keterampilan menulis siswa yang belum mencukupi KKM. Masalah yang ditemui adalah siswa kesulitan dalam menuangkan ide-ide atau hasil pemikiran ke dalam bentuk bahasa tulis, khususnya dalam menulis teks cerita pendek, Siswa hanya dibekali dengan Lembar Kerja Siswa dan metode ceramah, guru dalam penggunaan teknik pembelajaran yang kurang tepat, khususnya menulis teks cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita pendek dengan menggunakan teknik clustering siswa kelas XI SMA PGRI 2 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes menulis teks cerita pendek dengan menggunakan teknik clustering yang dilakukan oleh siswa kelas XI SMA PGRI 2 Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGRI 2 Padang yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGRI 2 Padang yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu teknik sampling yang digunakan oleh peneliti jika peneliti memiliki pertimbangan-pertimbangan tertentu di dalam pengambilan sampelnya. Berdasarkan pembahasan dan analisis data yang telah dilakukan mengenai keterampilan menulis teks cerita pendek dengan menggunakan teknik clustering siswa kelas XI SMA PGRI 2 Padang tergolong Baik (B), dengan rata-rata keterampilan siswa 77,34 berada pada rentangan 76-85%. Pertama, keterampilan menulis teks cerita pendek siswa untuk indikator 1 (orientasi/pengenalan) tergolong Baik Sekali (BS), dengan rata-rata keterampilan siswa 86,68 berada pada rentangan 86-95%. Kedua, keterampilan menulis teks cerita pendek siswa untuk indikator 2 (komplikasi/masalah) tergolong Baik (B), dengan rata-rata keterampilan siswa 82,22 berada pada rentangan 76-85%. Ketiga, keterampilan menulis teks cerita pendek siswa untuk indikator 3 (resolusi/penyelesaian masalah) tergolong Cukup (C), dengan rata-rata keterampilan siswa 63,32 berada pada rentangan 56-65%. Keempat, sikap siswa dalam menulis teks cerita pendek dengan menggunakan teknik clustering untuk aspek 1 (santun) termasuk dalam kriteria cukup baik, aspek 2 (jujur) dalam kriteria cukup baik, dan aspek 3 (tanggungjawab) dalam kriteria baik.