Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat siswa dalam kemampuan menulis berita masih rendah. Masalah yang ditemui adalah siswa kesulitan dalam menentukan topik atau gagasan dalam berita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan media gambar siswa kelas VIII SMPN 4 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Bayang tahun ajaran 2014/2015. Jumlah siswa yang terdaftar pada tahun tersebut adalah 210 yang terdiri 6 lokal. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui sebagai berikut ini. Pertama, untuk aspek A what(apa) tergolong Lebih dari Cukup (LDC) karena rata-rata hitungnya (M) berada pada rentangan 66-75% pada skala 10. Kedua, untuk aspek B who(siapa) tergolong Baik Sekali (BS) karena rata-rata hitungnya (M) berada pada rentangan 86-95% pada skala 10. Ketiga, untuk Aspek C where(dimana) tergolong Lebih dari Cukup (LDC) karena rata-rata hitungnya (M) berada pada rentangan 66-75% pada skala 10. Keempat, untuk Aspek D when (Kapan) tergolong Lebih dari Cukup (LDC) karena rata-rata hitungnya (M) berada pada rentangan 66-75% pada skala 10. Kelima, untuk Aspek E why(Mengapa) tergolong Baik (B) karena rata-rata hitungnya (M) berada pada rentangan 76-85% pada skala 10. Keenam, untuk Aspek F how(Bagaimana) tergolong Hampir Cukup (HC) karena rata-rata hitungnya (M) berada pada rentangan 46-55% pada skala Jadi dapat disimpulkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan media gambar siswa kelas VIII SMPN 4 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan tergolong Lebih dari Cukup (LDC) karena rata-rata hitungnya (M) berada pada rentangan 66-75% pada skala