PengaruhSaranadanPrasarana, Insentif Guru, Pelatihan Guru danKomitmenOrganisasi di SMK N 1 Sijunjung. Skripsi, Program StudiPendidikanEkonomi, STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang

Main Author: Khusnul, Khotimah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/874/1/13090191%20KHUSNUL%20%20KHOTIMAH%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/874/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/874/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/874/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/874/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh sarana dan prasarana, insentif guru, pelatihan guru dankomitmen organisasi di SMKN 1 Sijunjung. Jenis ini adalah penelitian yang asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Negeri 1 Sijunjung berjumlah 80 orang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Propotional Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data dengan metode analisis regresi bergan dan menggunakan software SPSS 16. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik uji t danuji f. Hasil penelitian menunjukan 1).Terdapat pengaruh positif dan signifikan sarana dan prasarana terhadap kinerja guru di SMK N 1 Sijunjung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien 0,729 dengan nilai thitung sebesar 9,408 >ttabel 1,992, berarti Ha diterima dan H0 ditolak . 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan insentif guru terhadap kinerja guru di SMK N 1 Sijunjung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien 0,609 dengan nilai thitung 13,167 >ttabel 1,992 , berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 3). Terdapat pengaruh positif dan signifikan pelatihan guru terhadap kinerja guru di SMK N 1 Sijunjung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien 0,595dengan nilai thitung 4,614 >ttabel 1,992, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 4). Terdapat pengaruh positif dan signifikan komitmen organisasi terhadap kinerja guru di SMK N 1 Sijunjung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien 0,821 dengan nilaithitung7,917 >ttabel1,992, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 5). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sarana dan prasarana, insentif guru, pelatihan guru, dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru di SMK N 1 Sijunjung. Nilai Fhitung 90,337 >Ftabel 2,4937 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.Hal ini berarti H0ditolak dan Haditerima. Berdasarkan penelitian ini penulis menyarankan agar terus meningkatkan Penggunaan sarana dan prasana yang baik seperti melengkapi bahan ajar, mempersiapkan alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran, ruang kelas yang nyaman dan adanya perpustakaan dan laboraturium sehingga apabila terus ditingkatkan akan berpengaruh kepada kinerja guru. Pemberian insentif dapat dilakukan dengan cara adanya guru yang berprestasi, lama bekerja sebagai guru, adanya dedikasi guru terhadap tugas- tugasnya sehingga perlu diberikan insentif untuk meningkatkan kinerjanya. Pelatihan guru merupakan hal yang berpengaruh terhadap kinerjanya sehingga ini merupakan hal penting yang harus dilakukan seperti pelatihan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam memecahkan masalah dalam bidang studinya.Tingginya komitmen guru disekolah akan meningkatkan kinerjanya komitmen bias dalam bentuk merasa bangga dan menjadi bagian dari sekolah, mengikuti kegiatan organisasi disekolah.