Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar fisika siswa karena masih kurangnya minat belajar siswa saat proses pembelajaran, serta interaksi siswa dengan guru sehingga siswa belum sepenuhnya menggali potensi yang ada dalam dirinya. Untuk mengatasi masalah tersebut melakukan pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) disertai speed test terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII di SMPN 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research). Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Data hasil belajar fisika dilihat dalam 2 ranah, yaitu ranah kognitif, dan afektif. Pada ranah kognitif pengambilan data menggunakan soal essay sebanyak 5 butir soal dan pada ranah afektif menggunakan lembar observasi dengan melihat aktivitas siswa. Hasil belajar fisika siswa pada ranah kognitif diperoleh, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 75,20 dan kelas kontrol 72,15. Sedangkan pada ranah afektif rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen 73,05 mempunyai kategori cukup dan kelas kontrol 68,01 yang mempunyai kategori kurang. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan yang diperoleh ttabel = 1,675 dan thitung = 0,68 dikarenakan thitung < ttabel maka 0,68 < 1,675 dari hipotesis dalam penelitian ini ditolak. Tidak terdapat pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching learning (CTL) disertai speed test terhadap hasil belajar fisika siswa dengan pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 30 Padang. Hal ini berarti pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) disertai speed test tidak memiliki pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 30 Padang.