Daftar Isi:
  • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan suatu jenjang pendidikan yang mempunyai tujuan menyiapkan peserta didik memasuki dunia industri. Sehingga untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal perlu adanya peningkatan mutu pendidikan di SMK. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Macromedia Flash valid dan praktis untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development), dengan model pengembangan yang dipilih adalah menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Langkah-Langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1) Konsep, (2) Perancangan, (3) Pengumpulan Bahan, (4) Pembuatan, (5) Percobaan, (6) Distribusi. Hasil keseluruhan penilaian uji validasi dari validator ahli media dan ahli materi adalah sebesar 83,91 %, sehingga validitas dapat diinterpretasikan sangat valid digunakan di SMK Negeri 5 Padang. Hasil keseluruhan penilaian uji praktikalitas adalah sebesar 79,66 %. Sehingga tingkat kepraktisannya dapat diinterprestasikan praktis digunakan di SMK N 5 Padang.Berdasarkan penilaian dan masukan dari tim ahli serta hasil uji coba lapangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Macromedia Flash sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada mata pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 5 Padang. Kata Kunci : Macromedia Flash, Pemrograman Dasar, Media Pembelajaran.