Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran TIK Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Painan
Main Author: | Feri, Desriwandi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8704/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8704/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8704/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8704/4/15100043-FERI%20DESRIWANDI%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8704/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran multimedia interaktif untuk siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Painan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development), dengan desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Langkah-langkah pengembanganya adalah sebagai berikut. (1) Konsep, (2) Perancangan, (3) Pengumpulan Bahan, (4) Pembuatan, (5) Percobaan, (6) Distribusi. Hasil penilaian oleh para ahli media ditinjau dari aspek (1) Kemudahan pengguna: 85% (2) Kemenarikan Tampilan : 85% (3) Bahasa dan Keterbacaan 95%. Secara keseluruhan penilaian uji validator ahli media terhadap media pembelajaran multimedia interaktif adalah sebesar 88,30%. Untuk ahli materi ditinjau dari aspek ketercapaian tujuan adalah 85%. Secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap media pembelajaran multimedia interaktif adalah sebesar 88,30% sedangkan ahli materi sebesar 85%. Sehingga tingkat validitas dapat diinterprestasikan sangat valid digunakan. Hasil penilaian uji kepraktisan ditinjau dari aspek (1) Manfaat siswa : 83%, (2) Kemudahan/Kemenarikan Tampilan : 85%, (3) Efektifitas Waktu : 85%, (4) Manfaat : 85 %. Secara keseluruhan penilaian kepraktisan terhadap media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran TIK sebesar 84,5 %. Sehingga tingkat praktikalitasnya dapat diinterprestasikan sangat praktis digunakan. Kesimpulanya, berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis multimedia sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 2 Painan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Teknlogi Informasi Komunikasi